Sunday, February 20, 2011

Kisah Wayang : Narayana Ngalalana(berpetualang)

My Favorit : Lakon Wayang :-)













“Kelahiran Narayana” merupakan awal peristiwa dari sebuah tanda akan adanya bahaya kekacauan dunia yang disebabkan oleh perilaku makhluk-makhluk jahat, seperti: Kangsa, Bomanarakasura, Duryudana, Dasasukma, dan sebagainya.

Narayana merupakan manifestasi dari Wisnu. Ideologi Wisnu yakni reksakaning jagad atau penjaga dan pemelihara alam semesta. Jika ada makhluk jahat yang ingin menghancurkan alam semesta dan mengubah tatanan dunia, maka Narayana/ Kresna tampil ke depan untuk menghancurkannya.


Kisah Wayang : Narayana Ngalalana(berpetualang)

Raja Mandura Basudewa mempunyai seorang putra dari istri ke 3 bernama Narayana yg terpaksa harus dititipkan pada salah satu pertapa yg pd saat itu kerajaan Mandura mengalami ancaman dari pihak jahat, dikisahkan sblmnya ada seseorang yg ingin diaku sbg anak padahal sebenarnya ia adalah keturunan dedemit dari Kerajaan siluman Bata Mera.

Dahulu Dewi Maerah sempet menjalin hubungan dengan Raja Mandura, rajapun akhirnya mengabulkan keinginannya, demi keamanan anaknya Raja Mandura menitipkan Narayana pd seorang pertapa yg bernama Resi Padmanaba, Raden Narayana mempunyai saudara bernama Kakrasana & Dewi Mayang Arum.



















Cakra Udaksana, Kembang Cangkok Wijaya Kusuma,Tiwikrama ilmu yg dibekali Resi Padmanaba.

Bertahun tahun Narayana dibimbing Resi Padmanaba dan akhirnya dia hrs berpetualang untuk mengamalkan ilmu dan sekaligus untuk merebut kembali kerajaanya yg direbut paksa oleh Kangsa Dewa, sebelum menjalani petualangan Bambang Narayana diberi wasiat oleh Resi Padmanaba berupa senjata yg dinamai Cakra Udaksana : Sejata penumpas kejahatan dan pembela keadilan.

Cakra Udaksana tdk boleh digunakan sembarangan begitu wasiat Sang Guru, Cakra Udaksana senjata yg hanya cukup dipanggil dlm hati saja apabila akan dipergunakanya, Cakra tersebut tertanam dalam dada kanan Narayana, Narayana dilarang menepuk dada sebelah kirinya karena apabila itu ia lakukan maka darah dalam tubuhnya akan mendidih dan naik ke otaknya dan Cakra Udaksana berputar diotaknya dan akan menjadikan lupa diri.

Kembang Cangkok Wijaya Kusuma/Cangkok Wijaya Mawar adalah kembang yg dpt membangkitkan orang yg mati sebelum ajalnya/sebelum waktunya. Kembang itupun diberikan pd Narayana, selain itu iapun dibekali Ajian Tiwikrama atau Ajian merubah wujud menjadi raksasa sebesar anak gunung, dalam menurunkan ilmu tersebut Padmanaba(padma=kembang,naba=wadah) akan tilar dunia bila ilmu itu sudah beralih pd Narayana,sblm meninggal Narayana boleh memakai nama Padmanaba.

Dalam perjalanannya menuju pertapa Argasunyo untuk menjemput Kakaknya. Narayana berpapasan dengan makhluk serupa Wanara(monyet) ia adalah teman dari Resi Padmanaba, ia juga seorang pandita dari pesantren Waganda Mendana, ia yg nantinya akan menjadi mertua Narayana. Resi Kapi Jemawa mempunyai putri bernama Jemawa Wati yg konon sosoknya tak seperti ayahnya tapi dia seorang manusia.

Jemawati pernah bermimpi dan dlm mimpi ia bertemu seseorang berwajah rupawan pemuda itu tiada lain adalah Narayana, Endang Jemawati jatuh hati pd pemuda dlm mimpinya itu lalu ia mengutarakan keinginanya pd ayahnya, karena sayangnya pd anaknya Resi Kapi Jemawa sang ayah berusaha mencari pemuda yg dimaksud putrinya hingga akhirnya ia bertemu dengan Narayana.


Dlm pertemuannya dgn Narayana, Narayana menolak ajakan Kapi Jemawa untuk bertemu Jemawawati, berbagai usaha tlh dilakukan Kapi Jemawa agar dpt membawa Narayana hingga akhirnya Narayana dibuat tidur dengan ajian sirep begananda yg dimiliki Kapi Jemawa. Narayana akhirnya dibawa ke pesantren Waganda Mendana dlm keadaan tidur untuk dipertemukan dengan putri Jemawati,setelah sadar dari tidurnya Narayana bertemu dng Jemawati iapun jatuh hati.














Kembar Selasih(anak kembar anak bulai & anak hitam)

Setelah bertemu dgn putri Resi Kapi Jemawa iapun meneruskan perjalanannya namun sebelum pergi Kapi Jemawa memberi Cermin Lopian yg gunanya untuk melihat kejadian dimasa lalu atau saat ini.

Namun ada pantangan yg harus ia hindari. Lopian akan buram dan tak akan bisa melihat apapun dlm cemin apabila hati pemiliknya dalam keadaan kotor, Lopian disimpan dlm dada setelah diterima Narayana. Narayanapun berpamitan untuk menuju Pesantren Argo Sunyo. Dalam mimpi Kangsa Dewa ia didatangi Prabu Gora Wangsa(ayahnya) yg mengingatkan bahwa ia akan menemui takdirnya dan menemui ajalnya apabila ia bertemu dengan anak kembar selasih atau anak bulai dan hitam. Begitu juga Cerita Resi Kapi Jemawa sama seperti yg diungkapkan oleh Resi Padmanaba.

Basudewa adalah kakak dari Pandu Dewanata & Narayangan : Yudistira, Bima dan Arjuna mereka adalah anak kandung Dewi Kunti, jadi Arjuna adalah adik Kresna(Narayana) putra Basudewa jadi Arjuna dan dua sodaranya memanggil paman pd Basudewa. Ketika itu Pandudewanata, Dewi Kunti, Narayangan sedang menyamar untuk mengelabui Kangsa Dewa raja dzalim.

Senopati Gorawati adalah adik prabu Gora Wangsa, bibinya Kangsa Dewa dlm tugasnya mencari kembar selasih berpapasan dgn Bima, Arjuna, Semar, Gareng Petruk dan Bagong, karena kebetulan tubuh Semar hitam dan Petruk bulai maka ia mengira merekalah yg dimaksud kembar selasih maka terlibatlah bentrokan fisik,dlm perjalanan Narayana saat itu melihat kejadian tersebut, Karna Narayana belum mengenal mereka Narayana mengeluarkan Cermin Lopian lalu tertera jati diri mereka, setelah diketahui oleh Narayana bahwa mereka (Bima, Arjuna) adalah sodaranya dari Bibi Dewi Kunti ia menolongnya dgn segera mengeluarkan Cakra Udaksana lalu melemparkannya dan mengenai Gorawati seketika, disaat ia akan membunuh Bima.

Inilah awal pertemuan Narayana atau Kresna dengan sodaranya khususnya Arjuna.
















============================================================

Sumber : http://forum.detik.com/showthread.php?p=5736

Apabila dalam dunia politik internasional dikenal sebutan "DIPLOMAT", di dunia pewayangan predikat itu layak disandang oleh seorang tokoh yang keahliannya setaraf dengan profesi tersebut. Dia adalah Kresna awatara (titisan) Dewa Wisnu pemelihara perdamaian pengendali keadilan dan kesejahteraan umat di Jagat Raya.

Anak Raja Basudewa dari Dewi Mairah itu mempunyai keahlian berbicara fasih, taktis, diplomatis, disegani kawan maupun lawan. Kadang-kadang ia menggunakan bahasa sindir yang tajam tapi tidak terasa menusuk hingga orang yang kena sindir tidak menaruh dendam atau marah selain mengakui kebenarannya.

Sebagai diplomat ia berpandangan luas mengenai hubungan dan kepentingan masalah mancanegara, terutama konflik antara Kurawa dan Pandawa mengenai hak pemilikan atas tahta kerajaan Astina yang dituntut kaum Pandawa. Keahlian lain ialah, mengatur taktik strategi perang. merusak konsentrasi lawan dan mengantisipasi situasi kritis yang dihadapi.

Sebagai titisan Wisnu tak heran bila ia memiliki segudang ilmu dan peralatan serba canggih antara lain Gampar(Cermin) Lopian, semacam komputer pencari data kelemahan lawan atau untuk menemukan barang yang hilang termasuk identitas seseorang. Peralatan lain yang dimiliki berupa sekuntum bunga disebut Sekar Wijaya Kusuma, berkhasiat menyembuhkan orang sakit, bahkan menghidupkan yang mati belum waktunya. Sedang senjata andalan berteknologi tinggi adalah Cakra, semacam peluru kendali antar benua yang mampu mencapai sasaran dimanapun tempatnya. Akhirnya peralatan tercanggih berupa ajian Triwikrama. Tri = Tiga; Wikrama = Langkah.



Dengan ber Triwikrama tubuhnya menjadi besar dan tinggi bagai raksasa Kala Mercu bertangan seribu. Jagat yang besar dan luas dari ujung ke ujung ini hanya dicapai dengan Tiga Langkah saja. Jika melangkah jagat akan miring ke arah tempat kakinya berpijak sehingga betapa mudahnya jika ia ingin melumat jagat semudah membulak-balikkan telapak tangan. Tetapi karena pemiliknya terikat oleh konvensi hukum kemanusiaan sesuai tugasnya sebagai pemelihara perdamaian dan pengendali keadilan, senjata penghancur jagat itu tak boleh dipergunakan dengan sewenang-wenang, kecuali menghadapi kekuatan destruktif yang membahayakan keselamatan umat manusia.

Tetapi berbeda menurut pustaka Kresnayana, penampilan anak Basudewa itu lebih nampak sifat "Kemanusiannya" daripada sifat "Kewisnuannya".


Faktor penyebabnya, dalam kisah Mahabharata jalan cerita lebih banyak didominasi oleh liku-liku kehidupan kaum Kurawa dan Pandawa. Pernah ciri Kewisnuannya ia perlihatkan ketika bertindak sebagai duta perdamaian ke negara Astina guna mencegah perang antara kaum Kurawa dan Pandawa mengenai tahta kerajaan Astina.

Namun agaknya maksud baik sang duta dianggap merugikan kaum Kurawa sehingga timbul niat jahat untuk mencelakakannya.

Di saat itulah Kresna bertriwikrama nyaris melumat habis bangunan-bangunan mewah, jika saja rasa kesadaran tidak menggugahnya. Ia sadar bahwa neraca tulisan Tuhan YMK tidak akan mengubah apa yang telah ditentukan dari Lohmahfuznya, bahwa perang besar Bharatayudha tidak dapat diubah lagi kepastiannya.

Justru dalam perang itu Kresna akan berperan penting sebagai Sutradara pengatur laku pengendali keadilan dan walaupun ia berada di pihak Pandawa, tetapi tak boleh terlibat secara fisik melainkan sebatas hanya menjadi penasehat saja.




======================================================================
Jadilah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, tumbuh di tepi jalan.
Dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap di balas dengan buah.

No comments:

Post a Comment